Mengenal ukuran kecepatan akses Internet

Posted: December 4, 2012 in Komputer

Mengenal ukuran kecepatan akses Internet

Salah satu criteria untuk menentukan atau mendaftar ke salah satu ISP adalah ukuran kecepatan akses (transfer) data. Satuan kecepatan transfer data adalah bits per second (bps). Ukuran kecepatan akses internet dapat ditinjau berdasarkan hal2 berikut ini:

  1. Saluran yang digunakan
  • Dial up

Merupakan cara yang paling mudah untuk menghubungkan computer kita ke internet dengan menggunakan saluran telepon. Cara ini mempunyai keunggulan karena memiliki jaringan yang luas. Asalkan kita memiliki sambungan telepon, maka kita dapat mengakses internet.

  • Jaringan GPRS

GPRS (General Packet Radio Service) digunakan pada telepon genggam sehingga dapat mengkomunikasikan data dan suara. Komunikasi data dan suara ini digunakan dengan menggunakan media gelombang radio. Syarat unuk mengases GPRS yaitu computer, handphone dengan fasilitas GPRS, SIM card (mempunyai fasilitas GPRS)

  • WiFi

WiFi (Wireless Fidelity) adalah teknologi jaringan tanpa kabel yang menggunakan gelombang berfrekuensi tingkat tinggi. Alat ini dapat digunakan asal kita masih berada pada daerah yang mempunyai sinyal WiFi, yaitu radius 100 meter dari titik akses (hotspot).

  • Saluran TV Kabel

Jaringan TV Kabel memiliki jalur komunikasi data yang lebar dan dapat digunakan untuk mengirim gambar bergerak dan suara. Apabila kita menggunakan saluran ini untuk internet, kita mendapatkan akses internet yang cepat.

  1. Provider yang digunakan

Bandwith (lebar saluran data) adalah lebar saluran data yang dilewati secara bersamaan oleh data yang ditransfer. Bandwith dapat diibaratkan sebagai sebuah jalan raya yang dilewati oleh banyak kendaraan (data-data) secara bersamaan. Semakin banyak kendaraan yang lewat maka semakin lambat laju kendaraan. Semakin lebar bandwith yang digunakan maka semakin banyak data yang dapat ditransfer.kita perlu tahu hal ini agar dapat mempertimbangkan atau membandingkan dengan ISP yang lain.

Kriteria2 yang dapat kita gunakan dalam memilih ISP yang paling tepat adalah sebagai berikut:

  • Layanan yang Cepat dan Baik

Layanan yang deberikan dan disediakan oleh sebuah ISP, dapat berupa account e-mail,e-mail yang disediakan ,e-mail yang mendukung POP3,dsb.

  • Kecepatan Transfer Data dan Lebar Saluran Data (Bandwith)

Kecepatan transfer data dari computer server di internet ke computer kita sangat bergantung kepada kecepatan transfer data dari provider yang digunakan.

  • Dukungan 24jam dan Nomor akses Lokal

Dukungan 24 jam atau selama satu hari atau 7 hari selama satu minggu perlu menjadi pertimbangan agar akses internet yang kita gunakan dapat mendukung kegiatan secara optimal. Nomor akses local berkaitan dengan perhitungan biaya yang harus ditanggung setiap bulan.

  • Keamanan Data

Data yang kita transfer harus terjamin keamanannya. ISP harus menggunakan firewall untuk menjamin transaksi on-line yang kita lakukan.

  • Biaya

System pembayaran yang dikenakan oleh sebuah ISP dapat berupa system perbulan/paket atau perwaktu pemakaian.

  • Modem Berkapasitas Besar dan Banyak

Hal ini perlu diperhatikan agar kecepatan dan rasio pelanggan permodem dapat diketahui. Modem yang berkapasitas besar akan sangat mempengaruhi layanan yang diberikan oleh ISP.

  • Memiliki Backbone dan Server Proxy

Backbone merupakan saluran utama atau tulang punggung jaringan ISP dengan internet. Kebanyakan ISP menyewa backbone secara bersama-sama dengan ISP lain dengan alasanmenghemat biaya. Konsekuensi dari penyewaan bersama adalah kecepatan akses masing2 ISP akan berkurang. Server proxy dibutuhkan agar pelanggan dapat mengakses website yang sering dikunjungi dengan lebih cepat.

  • Saluran Telepon yang Banyak

Hal ini perlu agar kecepatan dan rasio pelanggan tiap saluran telepon dapat diketahui.

Setiap Negara memiliki banyak ISP. ISP di Indonesia tergabung dalam APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia).

Akses internet

Mengenal istilah internet

  1. Domain

Domain merupakan identitas computer di internet yang disebut juga alamat WEB. Akhiran nama domain disebut TLD (Top Level Domain). Setiap Negara memiliki TLD seperti pada table berikut ini:

Negara TLD Keterangan
Indonesia Id Dikelola Negara Indonesia
Malaysia My Dikelola Negara Malaysia
China Cn Dikelola Negara cina
Amerika Serikat Us Dikelola Negara amerika
Global dunia Com Domain untuk bisnis
Net Operator internet
Org Organisasi masyarakat
Edu Organisasi pendidikan
Gov Organisasi pemerintah
Mil Organisasi militer
  1. WWW atau Web

WWW (World Wide Web) disingkat web adalah system yang menghubungkan berbagai dokumen hypertext yang ada di internet. Web pertama kali diciptakan pada tahun 1990. Dengan web browser, pengguna dapat menampilkan halaman web berupa teks, gambar, audio, video, dan format lainnya.

Web browser merupakan perangkat lunak yang membantu pengguna menjelajahi internet dengan layanan hyperlink.

Informasi yang terdapat pada WWW dikemas dalam bentuk halaman web (web page). Sekumpulan halaman web milik seseorang atau perusahaan dikumpulkan dan diletakkan dalam sebuah situs web (web site). Sedangkan, homepage adalah istilah untuk halaman pertama yang muncul jika sebuah situs web diakses.

  1. URL

URL (Uniform resources Locator) adalah metode penamaan situs di internet yang banyak digunakan di WWW. URL menjelaskan tipe dokumen, nama computer tempat dokumen disimpan, direktori/subdirektori dokumen, dan nama dokumen.

http://www.contoh.com/mahir/tik.htm
Bagian URL Keterangan
http:// Protocol atau kode jenis layanan di internet. Contoh protocol yang lain yaitu, ftp:// yang berguna untuk sharing file.
www.contoh.com Hostname atau nama domain untuk mengidentifikasi lokasi halaman web. Pada URL, nama domain dapat diganti dengan alamat IP. Misalnya, http://66.200.100/.
/mahir Direktori atau lokasi penyimpanan.
/tik.htm Nama dokumen dan jenis file.
About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s